Sepakbola adalah bisnis menggiurkan bagi banyak perusahaan top dunia.
Menjadi sponsor kaus klub bergengsi adalah kesepakatan besar bagi bisnis sepakbola. Sebab, mereka akan memperluas jangkauan ke jutaan orang di seluruh dunia.
Kocak Sekaligus Miris, Kisah Pemain di Turki Dipecat Gunakan Kaus Klub Lain
Raksasa Bundesliga Bayern Muenchen telah menjadi salah satu tim terkuat di Eropa selama beberapa dekade. Tim Bavaria memiliki enam gelar Liga Champions, 31 Bundesliga, dan 20 DFB-Pokal. Jadi, wajar jika mereka jadi incaran sponsor.
Intip Aktivitas Harian Pemain Leicester City ala Kiernan Dewsbury-Hall
Barcelona telah mengalami beberapa tahun terakhir yang bergejolak, dengan masalah yang mengakar muncul di semua aspek klub. Klub Katalunya itu berada diambang kebangkrutan dan harus mengurangi gaji pemain.
Rakuten menjadi sponsor jersey utama Barcelona pada 2017 setelah mengakhiri kemitraan enam tahun dengan Qatar Airways. Kemitraan Rakuten senilai USD324 juta (Rp4,6 triliun) selama empat tahun dengan opsi perpanjangan satu tahun. Tapi, tampaknya opsi itu tidak diambil dan Rakuten akan pergi dari Camp Nou pada akhir musim ini.
? #Rakuten, whose contract with @FCBarcelona expires on June 30th, has the right to match the best bid that Barcelona will receive for sponsorship within 10 days from the time they are informed by the club ??#FCBlive I #FCBarcelona I #LaLiga I #UEL I #LaLigaSantander pic.twitter.com/djHAUPwhwj
— Capricorn (@Capricorn_SXM) February 5, 2022
3. Manchester United USD325 juta (Rp4,6 triliun)
Seperti halnya Barcelona, Manchester United juga mengalami masa sulit musim ini. Setan Merah berada di urutan keempat di liga, tapi telah memainkan lebih banyak pertandingan daripada pesaing terdekat, Arsenal dan Tottenham Hotspur.
Team Viewer menggantikan Chevrolet, yang sebenarnya masih memiliki minat. Tapi, karena MU gagal memenangkan Liga Premier atau Liga Champions musim lalu, perusahaan automotif asal Amerika Serikat (AS) itu tidak mengambil opsi perpanjangan kontrak.
2. Tottenham Hotspur: USD400 juta (Rp5,7 triliun)
Tottenham Hotspur saat ini sedang dalam tahap pemulihan. Klub London Utara itu baru menyelesaikan stadion baru hasil renovasi total White Hart Lane. Jadi, mereka membutuhkan suntikan dana segar yang berasal dari tulisan di jersey.
Kesepakatan sponsor mereka saat ini dengan perusahaan asuransi papan atas dunia, AIA. Nilainya USD400 juta (Rp5,7 triliun) dan berdurasi lima tahun. Kesepakatan itu dibuat untuk memastikan bahwa Spurs bisa mengimbangi MU, Arsenal, dan banyak klub besar lainnya.
1. Real Madrid: USD413 juta (Rp5,9 triliun)
Real Madrid adalah salah satu klub terbesar dalam sejarah sepakbola. Los Blancos memiliki rekor 13 trofi Liga Champions, 34 gelar La Liga, 19 Copa del Rey, dan masih banyak lagi penghargaan lainnya.
Madrid menandatangani kesepakatan sponsorship dengan Emirates Airlines pada 2012. Kesepakatan itu awalnya untuk lima tahun. Tapi, Los Blancos memperpanjangnya pada 2017. Emirates akan menjadi sponsor utama mereka hingga akhir musim ini.
Kesepakatan dengan Emirates bernilai USD413 juta (Rp5,9 triliun). Mereka menempati peringkat pertama dalam daftar klub paling bernilai versi Deloitte pada 2021. Itu berarti mereka merupakan klub dengan pendapatan tertinggi di sepakbola. Dan, salah satunya berkat Emirates.
Emirates jersey deal is worth $34M per year for Real Madrid https://t.co/8iaKGPHC53 pic.twitter.com/EQeaoNTCNq
— Forbes SportsMoney (@ForbesSports) May 19, 2016