Persaingan antara
Lionel Messi dan
Cristiano Ronaldo terjadi dalam segala hal. Baik di dunia nyata maupun media sosial, keduanya selalu dibanding-bandingkan. Soal jumlah followers di
Instagram misalnya.
Sejauh ini, Cristiano Ronaldo memiliki jumlah followers lebih banyak dari Lionel Messi. Pemain yang baru bergabung dengan
Al Nassr itu memiliki 529 juta followers. Sementara Lionel Messi baru 414 juta.
Namun, dari segi nominal penghasilan yang didapat dari Instagram, keduanya bersaing cukup ketat. Cristiano Ronaldo tercatat menghasilkan sekitar 2 juta pounds (Rp37 milliar) setiap posting untuk produk endorsemen pada 2022. Sementara Lionel Messi masih sekitar 1,5 juta pounds (Rp28 millar).
Hanya saja, sejak mengantarkan
tim nasional Argentina menjuarai
Piala Dunia 2022, penghasilan Lionel Messi dari Instagram diperkirakan meningkat tajam.
Bayangkan, dalam tiga minggu terakhir, lewat akun Instagram miliknya, Lionel Messi telah mempromosikan banyak produk. Sebut saja minuman beralkohol,
Budweiser. Lalu, video game
Call of Duty dan
eFootball. Kemudian, minuman energi,
Gatorade, crypto Bitget, dan perusahaan kacamata buatan, Orcam. Itu semua berarti penghasilan Lionel Messi dari kemitraan berbayar telah meroket.
Bandingkan dengan Cristiano Ronaldo? Faktanya, CR7 belum pernah mencatatkan kerja sama berbayar sejak kekalahan Portugal dari Maroko pada 10 Desember 2022.
Lionel Messi juga meraih rekor Instagram dengan 75 juta like untuk foto mengangkat trofi Piala Dunia 2022. Ada juga 50 juta like untuk jepretan sang legenda yang tertidur di samping trofi.